Pemasaran global adalah pemasaran berkala seluas
dunia. Peluang pasar selalu terbuka bagi semua pelaku usaha, tak terkecuali di
pasar ekspor. Yang penting mesti kreatif dan mau berinovasi dalam mengembangkan
pasar.Pelaku bisnis yang tangguh tentu tak mudah ditenggelamkan oleh setiap
perubahan tantangan bisnis meski tantangan yang datang semakin berat.
Pada era perdagangan global saat ini banyak sekali perusahaan yang tumbuh, menyebabkan persaingan semakin ketat dan tajam. Setiap perusahaan mengeluarkan keunggulannya dengan membuat perencanaan pemasaran yang jitu, efisien, efektif, dan strategis. Menjalankan pemasaran yang efektif menuntut agar pekerjaan dilaksanakan selesai pada waktu yang sesingkat mungkin dan dengan biaya yang serendah mungkin. Itu merupakan hal yang sangat sulit bagi suatu perusahaan. Lain halnya bila perusahaan mengetahui kondisi pasar yang ada dan dapat mengikuti perkembangannya yang rumit agar tetap eksis dalam kancah globalisasi saat ini.
MENGANALISA PASAR SECARA UMUM
Pada umumnya banyak masyarakat mengartikan pasar sebagai tempat transaksi jual-beli produk dan jasa antara penjual dan pembeli. Namun pada hakikatnya pengertian ini sangat sempit dan kurang fleksibel. Oleh karena itu kita dapat mendefinisikan pasar secara lebih luas lagi menurut W.J. Stanton, sebagai berikut:
1. Pasar Konsumen.
Adalah pasar yang terdiri dari perorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi pribadi.
2. Pasar Bisnis.
Adalah pasar dimana barang dan jasa yang diperjualbelikan adalah untuk diproses lebih lanjut atau digunakan dalam proses produksi.
3. Pasar Penjual.
Adalah suatu pasar dimana barang dan jasa yang dibeli adalah untuk dijual kembali dengan memperoleh laba.
4. Pasar Pemerintah.
Adalah pasar dimana pembelinya terdiri dari intansi pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menyediakan fasilitas umum.
5. Pasar Internasional.
Adalah pasar dimana pembelinya berada diluar negeri baik konsumen, produsen, penjual, maupun pemerintah.
Agar pasar suatu marketing dapat terarah, maka seorang marketing perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Segmentasi Pasar.
Adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan berdasarkan kebutuhan, karakteristik/tingkah laku yang mungkin membutuhkan produk/bauran pemasaran yang terpisah.
Bagaimana dasar-dasar membuat segmentasi pasar konsumen? Berikut cara-caranya;
• Segmentasi Geografik.
Adalah membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti Negara, regional, kota atau lingkungan tertentu.
• Segmentasi Demografik.
Adalah membagi pasar berdasarkan variabel demografi secara umur, jenis kelamin, ukuran keluarga/besarnya keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan.
• Segmentasi Psikografi.
Adalah membagi pasar menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian.
• Segementasi Tingkah Laku.
Adalah pengkelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap dan penggunaan terhadap suatu produk.
SUMBER: http://duberindonesia.multiply.com/journal/item/3
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global
Pada era perdagangan global saat ini banyak sekali perusahaan yang tumbuh, menyebabkan persaingan semakin ketat dan tajam. Setiap perusahaan mengeluarkan keunggulannya dengan membuat perencanaan pemasaran yang jitu, efisien, efektif, dan strategis. Menjalankan pemasaran yang efektif menuntut agar pekerjaan dilaksanakan selesai pada waktu yang sesingkat mungkin dan dengan biaya yang serendah mungkin. Itu merupakan hal yang sangat sulit bagi suatu perusahaan. Lain halnya bila perusahaan mengetahui kondisi pasar yang ada dan dapat mengikuti perkembangannya yang rumit agar tetap eksis dalam kancah globalisasi saat ini.
MENGANALISA PASAR SECARA UMUM
Pada umumnya banyak masyarakat mengartikan pasar sebagai tempat transaksi jual-beli produk dan jasa antara penjual dan pembeli. Namun pada hakikatnya pengertian ini sangat sempit dan kurang fleksibel. Oleh karena itu kita dapat mendefinisikan pasar secara lebih luas lagi menurut W.J. Stanton, sebagai berikut:
1. Pasar Konsumen.
Adalah pasar yang terdiri dari perorangan dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk dikonsumsi pribadi.
2. Pasar Bisnis.
Adalah pasar dimana barang dan jasa yang diperjualbelikan adalah untuk diproses lebih lanjut atau digunakan dalam proses produksi.
3. Pasar Penjual.
Adalah suatu pasar dimana barang dan jasa yang dibeli adalah untuk dijual kembali dengan memperoleh laba.
4. Pasar Pemerintah.
Adalah pasar dimana pembelinya terdiri dari intansi pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk menyediakan fasilitas umum.
5. Pasar Internasional.
Adalah pasar dimana pembelinya berada diluar negeri baik konsumen, produsen, penjual, maupun pemerintah.
Agar pasar suatu marketing dapat terarah, maka seorang marketing perlu memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Segmentasi Pasar.
Adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan berdasarkan kebutuhan, karakteristik/tingkah laku yang mungkin membutuhkan produk/bauran pemasaran yang terpisah.
Bagaimana dasar-dasar membuat segmentasi pasar konsumen? Berikut cara-caranya;
• Segmentasi Geografik.
Adalah membagi pasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti Negara, regional, kota atau lingkungan tertentu.
• Segmentasi Demografik.
Adalah membagi pasar berdasarkan variabel demografi secara umur, jenis kelamin, ukuran keluarga/besarnya keluarga, pendapatan, pendidikan, pekerjaan.
• Segmentasi Psikografi.
Adalah membagi pasar menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada karakteristik kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian.
• Segementasi Tingkah Laku.
Adalah pengkelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap dan penggunaan terhadap suatu produk.
SUMBER: http://duberindonesia.multiply.com/journal/item/3
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global
Tidak ada komentar:
Posting Komentar